Tips Mudah Mengatur Pebukuan Stok Barang Bagi Pebisnis Online

Jika anda mengelola produk anda secara manual, anda perlu untuk menggunakan aplikasi pembukuan stok barang untuk mempermudah pengelolaan gudang anda. Anda dapat merasakan manfaat aplikasi pembukuan stok barang dan kelebihan inventory aplikasi pembukuan stok barang yang dapat membantu anda meningkatkan efisiensi dalam pengaturan gudang anda.

Pengertian Aplikasi Stok Gudang

Aplikasi gudang dapat membantu anda untuk memberitahukan bahwa produk mana saja Yang perlu untuk dilakukan penyetokan barang ulang. Anda dapat merasakan manfaat menyetok barang lebih awal sebelum barang tersebut habis terjual sehingga Anda tidak akan pernah kekurangan produk untuk dijual.

Jika anda memiliki jurnal aplikasi pembukuan stok barang, anda hanya perlu lebih rutin untuk melakukan stock opname. Tujuan stock opname adalah membantu anda untuk mengoptimalkan Jumlah barang yang ada di gudang ada mencocokkannya dengan data yang ada. Hari ini bertujuan untuk meminimalisir kekurangan inventory dan kelebihan Inventory.

Saat ini Anda masih mengelola stok dan inventaris secara manual serta memakan banyak waktu dan tenaga?

Pada zaman yang sudah mendukung kemajuan teknologi, sekarang ini sudah ada aplikasi pembukuan stok barang. Di mana Anda bisa dapat mengatur stok marketplace maupun website dengan mudah melalui aplikasi pembukuan stok barang. Tidak diragukan lagi, dengan mengadopsi teknologi untuk bisnis Anda, Anda tetap dapat bersaing dengan kompetitor dan juga untuk selalu siap dengan tuntutan pelanggan.

Dengan munculnya berbagai aplikasi pembayaran dan pengaturan operasional toko yang dapat membuat kegiatan berbisnis, membuat bisnis Anda dapat lebih efektif dan praktis. Anda bisa mencobanya dengan mendaftar Jurnal

Omnichannel dengan Sistem All-in-One

Memaksimalkan efisiensi bisnis dan ciptakan pengalaman personal untuk pelanggan dari beragam Multi-channel dalam penjualan Online dan Offline.

Menggunakan teknologi membuat semuanya berjalan menjadi lebih sederhana, Anda dapat menikmati hal-hal lain dalam hidup dengan menjalankan bisnis Anda secara lebih cerdas, lebih cepat, dan lebih efisien. Saat ini, Anda pun juga sudah mulai bisa mengatur stok atau inventory menggunakan teknologi.

Bayangkan saja. Dibandingkan harus memasukkan banyak data dan angka ke berbagai spreadsheet dan harus melakukan sinkronisasi data secara berkala. Anda dapat mempersingkat waktu tersebut untuk melakukan hal lainnya dan biarkan sistem yang melakukan perhitungan dan sinkronisasi data.

Maka dari itu, mulailah pertimbangkan untuk menggunakan software atau aplikasi pembukuan stok barang agar Anda dapat lebih mengatur segalanya dengan lebih mudah dan juga akurat.

Manfaat dan keunggulan dari aplikasi pembukuan stok barang tersebut tidak hanya terbatas pada kemudahan dan akurasinya. Berikut berbagai manfaat aplikasi pembukuan stok barang secara lengkap.

Manfaat Memiliki Aplikasi pembukuan stok barang

1. Meningkatkan Efisiensi & Produktivitas Bisnis

Stok atau produk merupakan aset berharga bagi bisnis Anda, dan dengan menjaga stok barang Anda, berarti Anda bisa menjaga uang yang ada pada nilai inventory. Anda tidak dapat menyia-nyiakan nilai uang tersebut. Anda tentunya menginginkan efisiensi dalam pengelolaan tingkat stok agar bisnis Anda bisa menjadi arus kas yang positif.

Selain itu, analisis dan laporan yang sederhana dapat membantu Anda melihat produk mana yang dapat Anda jual dengan cepat dan melalui saluran penjualan yang mana. Hal ini tentunya sangat membantu Anda untuk membuat keputusan pembelian yang lebih cerdas untuk kedepannya atau mungkin Anda bisa memprediksikan tren bagi bisnis untuk tahap selanjutnya.

Karena itu, dengan menyederhanakan tugas-tugas manual sehari-hari yang diperlukan untuk menjalankan bisnis, aplikasi pembukuan stok barang sangat menghemat waktu Anda dalam menjalankan bisnis, sehingga memungkinkan Anda meningkatkan produktivitas dan efisiensi sambil berfokus memaksimalkan pertumbuhan bisnis.

Anda juga akan memiliki kemampuan untuk mengelola stok, memproses dan mengirim pesanan, mencetak label pengiriman dan membuat serta memperbarui daftar, semua dari platform yang sama.

2. Meminimalkan Biaya, Memaksimalkan Penjualan serta Meningkatkan Profitabilitas

Kontrol terhadap inventaris juga penting jika Anda ingin meminimalkan biaya penyimpanan stok. Dengan kemampuan untuk mengotomatisasi operasi bisnis, Anda akan dapat lebih efisien dan secara akurat memenuhi tugas-tugas seperti mengelola tingkat stok, memperbarui daftar stok di semua saluran penjualan dan memproses pesanan.

Yang pada akhirnya akan mengurangi biaya Anda secara keseluruhan dan memaksimalkan tingkat profitabilitas bisnis Anda.

3. Semua Pekerjaan Manual Menjadi Otomatis

Tidak ada yang ingin duduk-duduk memasukkan data secara manual atau melakukan perhitungan secara manual yang rumit dan sangat memakan waktu setiap ada pesanan pembelian yang masuk.

Anda dapat menyerahkannya ke perangkat lunak untuk mengotomatiskan tugas umum ini. Tentu beralih ke automasi adalah langkah strategi bisnis yang menguntungkan.

4. Hindari Kesalahan Overselling

Dengan aplikasi pembukuan stok barang, level stok Anda akan terus disesuaikan setiap kali Anda melakukan penjualan dan akan secara otomatis melakukan sinkronisasi catatan ID pesanan tersebut pada semua jalur penjualan Anda, yang akan mengurangi adanya kemungkinan overselling.

5. Terhindar dari Kehabisan Stok dan Kelebihan Stok

Memiliki stok yang terlalu sedikit dapat menyebabkan kehabisan persediaan dan pelanggan menjadi tidak bahagia, serta potensi bisnis toko online Anda mendapatkan rating yang buruk.

Sebaliknya, memiliki kelebihan stok juga dapat mengambil ruang gudang yang berharga dan menimbulkan biaya yang tidak perlu. Baik kekurangan atau kelebihan stok, semuanya akan berdampak tidak baik bagi pendapatan serta biaya yang harus dikeluarkan.

6. Solusi All-in-One

Seperti telah dibahas pada poin-poin sebelumnya, aplikasi pembukuan stok barang mencakup manajemen pengiriman, manajemen pencatatan dan manajemen pemesanan, yang secara khusus akan menyederhanakan seluruh proses penjualan, dari daftar produk dan proses pemenuhan pesanan, sampai mencetak faktur dan menandai semua pesanan yang dikirimkan.

7. Buat Pelanggan Bahagia

Selain meringankan semua beban operasional dan memudahkan bisnis Anda, sistem ini dapat juga membuat pelanggan lebih puas dan senang.

Dengan mengurangi waktu Anda untuk memproses pemesanan dan pengiriman, tentunya pelanggan Anda akan menjadi lebih puas,karena pesanan mereka bisa dengan cepat sampai di tangan mereka.

8. Laporan yang Akurat

Jika Anda menggunakan aplikasi pembukuan stok barang, Anak menjadi sangat dimudahkan untuk melihat laporan data secara berkala. Pada umumnya, aplikasi pembukuan stok barang telah diintegrasikan langsung dengan pencatatan laporan keuangan. Dengan demikian akan sangat kecil kemungkinan terjadinya duplikat barang karena human error.

9. Pengaturan Stok

Pengaturan stok barang anda menjadi lebih mudah. Anda dapat menentukan jumlah pengingat stok barang anda jika telah mencapai batas minimum tertentu. Dengan demikian anda tidak akan lagi khawatir Mengenai kekurangan stok barang. Hari ini di belakang membuat keuangan perusahaan menjadi lebih sehat.

Jurnal by Mekari, Tool Bisnis Online Paling Kredibel

Jurnal by Mekari adalah platform untuk membantu anda mengelola banyak toko online yang terdaftar di berbagai marketplace secara bersamaan dalam satu dashboard saja. Jika anda kesulitan untuk mengurus semuanya, tenang, ada jasa kelola toko online Jurnal!

Jurnal punya fitur seperti manajemen produk, pesanan, promosi, stok, laporan penjualan dan lainnya. Gunakan bantuan Jurnal untuk mengurus stok barang juga bisa banget, lho.

Dengan menggunakan Jurnal, Anda juga dapat mengakses data secara realtime, kapan pun dan di mana pun. Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari.

Yuk, daftar Jurnal Indonesia sekarang FREE!